Senin, 25 Oktober 2010

MENGELUH

Sebuah kata sederhana yang mungkin jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi seringkali kita praktekkan langsung baik secara sadar maupun tidak sadar.

saat ini saya sudah semester 5 dan rasanya berat dan luar biasa. gak ada hari libur. gak ada hari untuk nyantai karena tiap hari harus berkutat sama tugas yang gak ada berhentinya.
well, yang saya lakukan barusan juga merupakan keluhan.
sadar atau gak sadar, tetep namanya saya sedang mengeluh.
Kita semua melakukan hal tersebut setiap saat tanpa menyadarinya. padahal semakin sering kita mengeluh, maka semakin sering pula kita mengalami hal tersebut. seperti jadi habit atau kebiasaan kita aja. mengeluh itu membentuk suatu pola yang sudah dapat diprediksi, kita gak akan pernah puas dengan apa yang kita miliki atau lakukan sampai belajar untuk tidak mengeluh.
Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang hal ini menjadi suatu kebiasaan dan parahnya lagi mengeluh menjadi suatu kebanggaan. Menjadi seorang yang pengeluh mungkin bisa mendapatkan simpati dari teman, tetapi gak akan membuat kita memiliki lebih banyak teman dan gak akan menyelesaikan masalah kita, bahkan bisa membuat kita kehilangan teman-teman kita.
Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita mengeluh? Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan kita. Bagaimana kita mengatasi hal ini. Caranya sebenarnya gampang-gampang susah, kita hanya perlu bersyukur.
Saya percaya bahwa di balik semua hal yang kita keluhkan PASTI ADA hal yang dapat kita syukuri.
Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama kita, karena kita dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan karena terlalu sibuk mengeluh.
Try it now :
  1. Bersyukurlah setiap hari setidaknya satu kali sehari. Bersyukurlah atas kesehatan, keluarga atau apapun yang dapat disyukuri. Ambilah waktu selama 10-30 detik saja untuk bersyukur kemudian lanjutkan kembali kegiatan.
  2. Jangan mengeluh bila menghadapi kesulitan tetapi lakukanlah hal berikut ini. Tutup mata, tarik nafas panjang, tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut, buka mata, tersenyum dan pikirkan bahwa suatu saat nanti kita akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.
  3. Biasakan diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh bila sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh dan beri tanggapan yang positif atau tidak sama sekali. Selalu berpikir positif dan lihatlah perubahan dalam hidup.
  4. “Semakin banyak bersyukur kepada Tuhan atas apa yang dimiliki, maka semakin banyak hal yang akan dimiliki untuk disyukuri.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

all about my live

Terimalah saat ini dan semua yang akan datang sebagai KARUNIA. Tuhan adalah pemberi yang tidak pernah berhenti memberi.

sapta rini families

sapta rini families
the best family in the world

hadiwijono fams

hadiwijono fams
dad's fams

urha ririk

urha ririk
my bestie

my best friends

my best friends
they're the best thing in my live

atriiin

atriiin
best friends

4ia14 woman

4ia14 woman
cewek-cewek yg doyan ktawa tanpa henti