Selasa, 08 Juni 2010

Java MIDLet

Pada tanggal 5 Juli-9Juli mendatang saya akan mengikuti kursus mengenai Java MIDLet. Walaupun saya dengan terpaksa mengikutinya karena kursus Design Grafis sudah habis.
Karena saya amat sangat tidak menguasai mengenai Java, maka sebelum saya mengikuti kursus saya berusaha mencari tau mengenai Java MIDLet.
dan saya ingin berbagi pada kalian semua.
so, check this out :

J2ME (Java to Micro Edition) adalah platform Java yang ditargetkan secara spesifik untuk aplikasi yang jalan pada peralatan-peralatan kecil seperti mobile phone, PDA, switch jaringan, sistem navigasi, komponen peralatan otomatis rumah tangga dan sebagainya. J2ME dapat menjadi solusi untuk peralatan yang tidak mendukung secara penuh implementasi mnggunakan J2SE(Java to Standart Edition).
Sama seperti Java pada umumnya yang menggunakan JVM (Java Virtual Machine), dalam J2ME juga menggunakan virtual mesin yang disebut K Virtual Machine (KVM). KVM adalah virtual machine dengan kapasitas memori yang sangat kecil. Huruf K diambil dari Kilobyte yang mengambarkan betapa kecil total memori yang digunakan mulai dari 128 kilobyte hingga maksimal rata-rata sekitar 512 kilobyte.
Aplikasi J2ME yang tertanam pada perangkat handphone dapat memanfaatkan teknologi yang sudah ada padanya. J2ME dapat memanfaatkan teknologi GPRS untuk membangun aplikasi berbasiskan Internet. Aplikasi pada user (pengguna handphone) juga dapat diperkaya dengan animasi-animasi grafis menarik dengan menawarkan interaksi user yang semakin meningkat.
Aplikasi yang dibangun menggunakan J2ME dengan profile MIDP (Mobile Information Device Profile) dikenal dengan nama MIDlet. MIDP sendiri khusus digunakan pada handset dengan CPU, memori, keyboard dan layar terbatas misalkan handphone, PDA dan sebagainya.

Siklus Hidup J2ME

Siklus Hidup (LifeCycle) dari MIDlet ditangani oleh Application Management Software (AMS). AMS ini adalah sebuah lingkungan tempat siklus sebuah MIDlet yang mampu diciptakan, dijalankan, dihentikan dan dihilangkan. AMS sering pula dinamakan dengan Java Application Manager (JAM). Method-method standar bawaan J2ME dapat dilihat pada gambar berikut.





Dari gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Ketika MIDlet pertama diciptakan dan diinisialisasi, MIDlet akan berada dalam state ”Pause”.
  2. Apabila terjadi kesalahan selama kontruksi MIDlet, MIDlet akan berpindah ke state ”Destroy”, dan MIDlet batal diciptakan dengan memanggil fungsi standar destroyApp().
  3. Selanjutnya, ketika MIDlet dijalankan. MIDlet akan berada pada state ”Active”, dalam hal ini fungsi standar yang dipanggil adalah startApp().
  4. Akan tetapi, jika ditengah jalan MIDlet dihentikan sementara MIDlet akan berada dalam state ”Pause” dengan memanggil fungsi standar pauseApp(). Pada state ini diperlukan proses celanUp terhadap garbage collector yang dihasilkan.

Antar Muka

Antar muka (user interface) MIDP terdiri atas API-API yang High Level dan Low levelLow LevelAPI berbasiskan pada Canvas sedangkan High Level API berbasis pada screen. Class diagram dari user interface dapat dilihat :


Dengan dua class di atas user interface MIDP dapat dibentuk menjadi sebuah aplikasi MIDlet.


Sekarang kita akan menambahkan sedikit listing program untuk menambahkan icon pada list yang telah dibuat. Kita langsung saja masuk kedalam pembuatan programnya…
PEMBUATAN PROGRAM
Tahap 1
Pembuatan Project Baru
Seperti biasa dilewatkan saja, karena tahap yang dianggap paling mudah oleh user. Tapi untuk sekadar mengingatkan lebih baik nama midletclass dan nama project disamakan untuk memudahkan pembuatan pemrograman.
Tahap 2
Pembuatan Program
Kita masuk kedalam tahap yang penting yaitu tahap 2 disini masukkanlah listing program yang telah dibuat kedalam projek.
Silahkan memasukkan listing program di bawah ini :

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class CobaList extends MIDlet {
//pendeklarasian variabel
List list1;
Ticker ticker;
Image imageList;
public void startApp() {
//memanggil program utama yaitu list1
Display.getDisplay(this).setCurrent(list1);
}
public void pauseApp() {}
public void destroyApp(boolean b){}
public CobaList(){
//memanggil icon yang telah dibuat
try {
imageList = Image.createImage(“/Image/icon.png”);
} catch (java.io.IOException e) {
}
ticker=new Ticker (“Tipe List dengan icon”);
list1=new List(“List 1″, List.IMPLICIT);
// memanggil icon yang telah dibuat untuk ditampilkan bersama list
list1.append(“Pilihan 1″, imageList);
list1.append(“Pilihan 2″, imageList);
list1.append(“Pilihan 3″, imageList);
list1.setTicker(ticker);
}
}



jika sudah menuliskan semua program yang dibutuhkan jangan lupa di build dulu untuk melihat apakah ada kesalahan yang terjadi….
Jika sudah tidak ada kesalahan dalam membuild program silahkan jalankan program dan lihat icon yang muncul dengan bentuk ….
Untuk mengingatkan jangan lupa untuk meletakkan icon terlebih dahulu dengan format PNG ke dalam folder res pada folder program anda…
Sebagian aplikasi yang telah sukses dibuat dan menampilkan icon dalam J2ME…

2 komentar:

all about my live

Terimalah saat ini dan semua yang akan datang sebagai KARUNIA. Tuhan adalah pemberi yang tidak pernah berhenti memberi.

sapta rini families

sapta rini families
the best family in the world

hadiwijono fams

hadiwijono fams
dad's fams

urha ririk

urha ririk
my bestie

my best friends

my best friends
they're the best thing in my live

atriiin

atriiin
best friends

4ia14 woman

4ia14 woman
cewek-cewek yg doyan ktawa tanpa henti