Sabtu, 04 Juni 2011

HAPPY BIRTHDAY

Happy BIrthday, abil.
aku emang gak ngucapin secara langsung, aku juga gak bisa ngasih apapa lagi ke kamu.
karena aku tau kamu sudah memiliki semua hal yang ingin kamu miliki.
dan aku tau pemberian ku sudah gak diharapkan lagi.
tapi gak fair rasanya memendam ucapan perayaan ulangtahun yang merupakan hari bahagia dan hari special kamu.
aku tau saat ini sekedar satu kalimat ucapan pun sudah mustahil aku ucapkan dihadapan kamu atau mustahil kamu dengar, tapi aku masih yakin kamu masih bisa mendengar apa yang aku ucapkan dalam hati seperti dulu.






Happy Birthday, bil.
semoga Allah selalu melindungi kamu, tetap menjadi laki-laki tertua yang bisa diandalkan oleh mama kamu, menjadi sehebat papa kamu, bisa menjadi panutan untuk adik kamu, menjadi keluarga yang peka, menjadi sahabat dan teman yang selalu baik, menjadi mahasiswa yang lebih rajin, menjadi laki-laki bertanggung jawab seperti yang mama kamu inginkan, panjang umur, sehat selalu dan mendapatkan seseorang spesial seperti yang kamu inginkan selama ini.
amin.
doa yang gak lengkap dan gak pernah lengkap mungkin, tapi aku harap semua yang terbaik selalu terjadi di hidup kamu.
semoga pertambahan umur kamu juga menambah kedewasaan dan pola pikir kamu.
mendengar gak hanya lewat telinga, melihat gak hanya lewat mata, merasa gak hanya lewat kulit tetapi mendengar, melihat dan merasalah dengan hati.

Kamis, 02 Juni 2011

Membuat Aplikasi Android

Langkah-langkah :


1. Install JAVA SDK 1.6
Download dan  Install Java  sdk 1.6 from http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp
2. Install Android SDK
Download android SDK dari websitenya di Android SDK download , setelah selesai ekstrak ke direktori “c:\android-sdk-windows”
3. Install Eclipse, Sebaiknya gunakan eclipse 3.5 (Galilieo)
Download eclipse 3.5 (Java developer) dari websitenya di http://www.eclipse.org/downloads/packages/eclipse-ide-java-developers/galileor
Install atau ekstrak ke direktori “C:\Program Files\eclipse_SDK-3.5”
4. Install Eclipse ADT plugin caranya




Klik tombol add lalu isikan seperti dibawah ini





Klik OK, tunggu sebentar sampai muncul pilihan “Develeper Tolls












Klik Next, Setelah selesai terinstall mari kita download Library-libray Android SDK.
5. Untuk menginstallnya kita bisa jalankan SDK android langsung dari foldernya atau bisa dari eclipse seperti dibawah ini.







untuk Froyo Centang seperti dibawah ini.








Minimal yang harus didownload dan diinstall adalah Documentation For Android SDK, SDK Platform For Android, Samples for SDK
Misalkan kita mau pakai emulator versi Froyo, centang seperti gambar diatas.
6. Setelah isntalasi Selesai, Sekarang mari kita buat Device Virtual untuk Emulator android bahasa kerennya Android Virtual Device















Isi Inputan yang dibutuhkan seperti diatas lalu klik tombo Create AVD.
Setelah AVD berhasil di Create kita bisa mentestnya dengan mengklik tombol Start








Setelah klik tombol start, tunggu sampai muncul tampilan seperti dibawah. Apa bila tampilannya sudah mucull, maka AVDnya sudah bisa kita gunakan

menugas softskill

PUZZLE ANGKA

Game ini dipilih sebagai game yang dianggap bisa mengasah otak, dapat dimainkan oleh siapa saja, simpel/sederhana, tidak hilang oleh zaman, dan dapat dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman, mulai dari bahasa pemrograman sederhana hingga bahasa pemrograman berbasis object.

Tujuan permainan : mengurutkan 15 angka dalam 16 kotak yang tersedia seperti matriks 4 x 4, dimana satu kotak dijadikan sebagai kotak pertukaran .

Aturan main
• Terdiri dari 15 angka dalam 16 kotak (4 x 4)
• Angka awal masih teracak, permainan terdiri dari 3 tingkat kesulitan ;
1. Easy
2. Medium
3. Hard
• Game ini memiliki ketentuan yang lebih spesifik lagi, misalnya ; waktu .

Cara memainkannya :
• Susun atau urutkan angka-angka dalam 16 kotak tersebut
• Pengurutan angka disusun ke samping kanan
• Untuk memindahkan/menukar angka tersebut, gunakan panah pada keyboard (hanya bisa ke kiri-kanan dan atas-bawah)
• Permainan berakhir ketika semua angka terurut dan kotak penukar berada di pojok kanan bawah

Algoritma permainan :
 Lihat angka yang disediakan sesuai tingkat kesulitan permainan
 Urutkan angka-angka tersebut
 Geser angka tersebut dengan kotak penukar sampai angka-angka tersebut terurut dan kotak penukar berada di pojok kanan bawah, dan .. horeeee menangg !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

BEST CASE
a. Urutkan empat angka terdepan dimana empat angka tersebut terurut
b. Kemudian tempatkan empat angka terdepan tersebut pada tempatnya dengan menggeser satu-persatu
c. Ulangi langkah tersebut untuk angka selanjutnya

BATASAN
Yang menjadi batasan pertama dalam permainan ini, apabila kotak kosong yang menjadi penukar berada di tepi kotak, maka kotak kosong tersebut tidak bisa berpindah ke tepi seberangnya .
Kedua, kotak penukar hanya bisa bergeser satu kotak (tidak mungkin lebih dari satu kotak)

Kesimpulannya :
Manusia lebih bisa mengingat sesuatu dalam bentuk gambar dan warna, jadi alangkah baiknya bila permainan tersebut ditampilkan dalam perpaduan warna dan gambar yang lebih menarik, agar permainan tersebut tidak membosankan . Bisa juga ditampilkan dalam bahasa pemrograman Visual Basic dan Visual Prolog . Dan agar lebih menantang pemain, diberikan limit waktu untuk menyelesaikan permainan ini .
Dan yang menjadi kekurangan dalam game ini adalah tidak adanya score yang dimuat pada permainan ini, jadi game ini bisa disebut game sederhana, masih ada penyempurnaan dari game ini.

LISTING PROGRAM

/*
* File : puzzle.c
*/

#include 
#include 
#include 

#define atas 1
#define kiri 2
#define bawah 3
#define kanan 4

#define keyUp 0x048
#define keyDown 0x050
#define keyLeft 0x04b
#define keyRight 0x04d

#define true 1
#define false 0

#define easy 10
#define medium 20
#define hard 30

#define caption " ----------------\n// GAME PUZZLE //\n----------------\n"

#define fieldSize 4

char field[fieldSize][fieldSize];
char field2[fieldSize][fieldSize];
unsigned int seed;
int x, y;

int acak(int i);
void initField(int movement);
void move(int arah);
void generateOutput();
int cekUrut();

int acak(int i) {
int a;
seed += 5;
srand(seed);

a = (rand() % i) + 1;

return(a);
}

void initField(int movement) {
int arah, arahOld = -1, nPindah = movement, xOld, yOld;
int c = 1, i, j;
char temp;

srand(time(NULL));
seed = rand();
x = y = (fieldSize - 1);

for (i = 0; i <= (fieldSize - 1); i++) {
for (j = 0; j <= (fieldSize - 1); j++) {
field[i][j] = field2[i][j] = c;
c++;
}
}
field[fieldSize - 1][fieldSize - 1] = field2[fieldSize - 1][fieldSize - 1] = ' ';

c = 0;
while (c != nPindah) {
xOld = x;
yOld = y;
arah = acak(4);

if (arah != 0) {
if ( c != 0) {
if ((arah + 2) % 4 == arahOld) {
continue;
}
}

switch (arah) {
case atas :
if (y > 0) y--;
else continue;
break;
case kiri:

if (x > 0) x--;
else continue;
break;
case kanan :
if (x < fieldSize - 1) x++;
else continue;
break;
case bawah :
if (y < fieldSize - 1) y++;
else continue;
break;
default :
break;
}

if (x >= 0 && y >= 0 && x <= (fieldSize - 1) && y <= (fieldSize - 1)) {
temp = field[y][x];
field[y][x] = field[yOld][xOld];
field[yOld][xOld] = temp;

c++;
arahOld = arah % 4;
} else {
x = xOld;
y = yOld;
}
}
}
}

void move(int arah) {
int xOld, yOld;
char temp;

xOld = x;
yOld = y;

switch (arah) {
case atas :
if (y > 0) y--;
break;
case kiri:
if (x > 0) x--;
break;
case kanan :
if (x < (fieldSize - 1)) x++;
break;
case bawah :
if (y < (fieldSize - 1)) y++;
break;
default :
break;
}

if (x >= 0 && y >= 0 && x <= (fieldSize - 1) && y <= (fieldSize - 1)) {
temp = field[y][x];
field[y][x] = field[yOld][xOld];
field[yOld][xOld] = temp;

} else {
x = xOld;
y = yOld;
}
generateOutput();
}

void generateOutput() {
int i, j, k;
clrscr();
puts(caption);
puts("Tekan ESC untuk keluar / reset permainan...");
for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");

for (i = 0; i<=(fieldSize - 1); i++) {
for (j= 0; j<=(fieldSize - 1); j++) {
if (i == y && j == x) {
printf("| %c ", field[i][j]);
} else {
printf("| %2i ", field[i][j]);
}
}
puts("|");

for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
}
}

int cekUrut() {
int c, d;
int match = true;

for (c = 0; c <= (fieldSize - 1); c++) {
for (d = 0; d <= (fieldSize - 1); d++) {
if (field[c][d] != field2[c][d]) {
if (match == true) {
match = false;
}
}
}
}
return(match);
}

main() {
int i, j, k, level;
char key;

system("cls");
puts(caption);
puts("Mainkan puzzle dan menyusunnya menjadi urutan yang benar...");
puts("Geser kotak kosong sehingga menjadi berurutan sbg berikut : \n");
initField(0);

for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
for (i = 0; i<=(fieldSize - 1); i++) {
for (j= 0; j<=(fieldSize - 1); j++) {
if (i == y && j == x) {
printf("| %c ", field2[i][j]);
} else {
printf("| %2i ", field2[i][j]);
}
}
puts("|");

for(k = 1; k <= fieldSize; k++) printf("+----"); puts("+");
}
puts("Gunakan tombol panah untuk menggeser kotak kosong...\n");
puts("Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan...");
getch();
for(;;) {
system("cls");
puts("Level : ");
puts("\t1. Easy");
puts("\t2. Medium");
puts("\t3. Hard");
printf("Pilih Level yang akan dimainkan : ");
scanf("%i", &level);

switch (level) {
case 1 :
initField(easy);
break;
case 2 :
initField(medium);
break;
case 3 :
initField(hard);
break;
default :
puts("Level salah!!");
getch();
continue;
}

system("cls");

generateOutput();

while ((key = getch()) != 27) {
switch(key) {
case keyUp :
move(atas);
break;
case keyDown :
move(bawah);
break;
case keyLeft :
move(kiri);
break;
case keyRight :
move(kanan);
break;
}
if (cekUrut() == true) {
puts("\nANDA MENANG!!!");


break;
}
}
if (key == 27) {
printf("Apakah anda ingin keluar ?\n['y' utk keluar / 't' utk reset] : ");
if (toupper(getchar()) == 'Y') break;
else continue;
} else {
printf("Apakah anda ingin main lagi ? [y/t] : ");
if (toupper(getchar()) == 'T') {
puts("\nTerima Kasih Telah Mencoba!!!");
getch();
break;
}
else continue;
}
}
}

TAMPILAN OUTPUT


all about my live

Terimalah saat ini dan semua yang akan datang sebagai KARUNIA. Tuhan adalah pemberi yang tidak pernah berhenti memberi.

sapta rini families

sapta rini families
the best family in the world

hadiwijono fams

hadiwijono fams
dad's fams

urha ririk

urha ririk
my bestie

my best friends

my best friends
they're the best thing in my live

atriiin

atriiin
best friends

4ia14 woman

4ia14 woman
cewek-cewek yg doyan ktawa tanpa henti